Abstrak


Program desa mandiri pangan di desa Semin kecamatan Nguntoronadi kabupaten Wonogiri tahun 2006 – 2012


Oleh :
Bagus Priyanto - C0514007 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana latar belakang Desa Semin menjadi Desa Mandiri Pangan tahun 2006-2012? (2) Bagaimana pelaksanaan Program Desa Mandiri Pangan di Desa Semin tahun 2006-
2012?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui latar belakang Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri menjadi Desa Mandiri Pangan tahun 2006-2012, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan Program Desa Mandiri Pangan di Desa Semin tahun 2006-2012.

Penelitian ini merupakan penelitian historis sehingga langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik sumber baik intern maupun ekstern, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif, artinya memaparkan suatu fenomena beserta ciri-cirinya secara khusus yang terdapat dalam fenomena itu, dan mengitepretasikan data-data yang berhubungan dengan topik permasalahan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat sasaran kelompok afinitas terhadap capaian keberhasilan Program Desa Mandiri Pangan di Desa Semin sudah berhasil di indikator output, outcome, benefit dan impact yang ditandai dengan terbentuk dan berkembangnya usaha ekonomi produktif; berperannya lembaga permodalan dengan tersalurnya dana bantuan sosial; meningkatnya pendapatan dan daya beli disertai dengan terwujudnya pengembangan ketersediaan pangan dan terbentuknya pola pikir akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, berimbang dan aman.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Program  Desa Mandiri Pangan berhasil dijalankan di Desa Semin. Semenjak menjadi Desa Mandiri Pangan kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Semin semakin baik.

Kata Kunci: Desa Mandiri Pangan, Ketahanan Pangan