Abstrak


Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalijaran Tahun Pelajaran 2011/2012


Oleh :
Tien Muji Utami - X4710159 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk meningkatkan hasil belajar  Jompat jauh gaya jongkok dengan pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri I Kalijaran.
Penelitian   ini   merupakan  penelitian   dengan   menggunakan   metode tindakan kelas. Subyek penelitian  ini adalah siswa kelas V SD Negeri I  Kalijaran Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 20  siswa yang terdiri dari  10 siswa putra dan IO siswa putri. lnstrurnen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian  ini  berupa  basil  belajar  siswa  yang  meliputi  ranah  kognitif yang diperoleh dari tes tertulis dalam  bentuk  isian, ranah afektif dan penilaian siswa terhadap keaktifan,  kesungguhan, kerjasama  dan  kedisiplinan siswa sedangkan ranah psikomotor diperoleh dari pengamatan tahap persiapan, tahap gerak dan tahap akhir pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini menggunakan waktu I   kali pertemuan, setiap kali pertemuan menunjukan tahap peningkatan.  Yang dapat  dilihat dari  basil  sebelum pembelajaran  yaitu  30  % ketuntasan klasikal, dan pada siklus I  ketuntasan klasikal menjadi 70 % pada siklus II meningkat menjadi 90 %.
Dengan basil pelaksanaan  perbaikan dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan pendekatan berrnain  pada  siswa  kelas  V  SD  Negeri I Kalijaran,  dapat  meningkatkan semangat, antusias siswa, dan meningkatkan basil belajar gerak dasar lompat jauh gaya jongkok.