Abstrak


Peningkatan Pelayanan Customer Service Section dan Peningkatan Fasilitas Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo oleh Pt. Angkasa Pura I (Persero)


Oleh :
Angel Octavia Putri Laloan - B3216007 - Fak. Ilmu Budaya

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pelayanan dan fasilitas Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) dalam meningkatkan kepuasan serta kebutuhan penumpang pesawat udara dan pengguna jasa bandara.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi langsung di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo, wawancara dengan Airport Operation Services & Hospitality Section Head, dan Staff Customer Service Section, serta menggunakan studi dokumen dan studi pustaka untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan kemudian melakukan analisis data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bangunan gedung bandara, penampilan Staff Customer Service Section, bukti dari kegiatan serta penanganan dalam pelayanan terhadap customer yang mengutamakan attitude yang baik, kecekatan dalam menangani customer, sehingga mampu memberikan kepuasan terhadap customer.

Kesimpulannya, PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo saling bersinergi dengan Customer Service Section untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Kerjasama yang baik antar setiap departemen diharapkan mampu untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada dengan cepat dan tepat. Pelayanan yang baik dan ditunjang fasilitas yang memadai sesuai dengan kebutuhan pengguna jasa bandar udara diharapkan mampu membawa kesan positif bagi pengguna jasa bandar udara.

Kata Kunci : Pelayanan, Fasilitas Bandara, Customer Service, Customer, Bandar Udara Internasional Adi Soemarm