;

Abstrak


Pengaruh kualitas pelayanan, relationship marketing dan corporate social resposibility terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah (studi pada nasabah Bank Rakyat Indonesia cabang tebing tinggi tahun 2016)


Oleh :
Yunita Kurnia Sari - S4111092 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh Kualitas layanan, Relationship Marketing, Corporate Social Responsibility dan Kepuasan nasabah terhadap Loyalitas nasabah di BRI Cabang Tebing Tinggi. Dengan menggunakan 150 responden nasabah BRI cabang Tebing Tinggi tahun 2016. Teknik penentuan sampling adalah Convenience Sampling,  yaitu  teknik pengambilan sampel dengan kumpulan informasi dari anggota-anggota populasi yang mudah diperoleh dan mampu menyediakan informasi tersebut. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur.
Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan semua variabel independen berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa  kepuasan  nasabah  berpengaruh  signifikan  positif  terhadap  kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah. Relationship Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah, sedangkan CSR berpengaruh signifikan terhadap loyalitas tapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Selanjutnya variabel kepuasan nasabah berpengaruh signifikan positif terhadap loyalitas nasabah.
Kata   Kunci:   Kualitas   layanan,   Relationship   Marketing,   Corporate   Social Responsibility, Kepuasan nasabah dan Loyalitas nasabah