Abstrak


Pengembangan Modifikasi Alat Training Bag untuk Meningkatkan Teknik Bantingan Atlet Gulat Kota Surakarta Tahun 2019


Oleh :
Eko Danang Yulianto - K5615023 - Fak. Keolahragaan

Abstrak    
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat modifikasi Training Bag untuk meningkatkan Teknik Bantingan pada Atlet Gulat Kota Surakarta Tahun 2019.
Penelitan ini merupakan Penelitian Pengembangan dengan menggunakan 1 sampel yaitu Atlet Gulat Kota Surakarta. Alat yang digunakan dalam uji coba yaitu alat latihan Training Bag yang telah di modifikasi, alat modifikasi latihan telah mengalami 2 kali revisi oleh ahli alat. Latihan yang digunakan dalam uji coba Alat modifikasi merupakan latihan teknik bantingan yang telah mendapat persetujuan dari Ahli media olahraga.Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket yang diberikan kepada Ahli media olahraga, Ahli Alat dan sampel yaitu Atlet Gulat Kota Surakarta.
Hasil dari penelitian adalah persentase pengujian dan penilaian alat kepada atlet Gulat Kota Surakarta mengalami peningkatan yaitu sebesar 29?ngan kategori alat penilaian latihan yang kedua yaitu “Sangat Layak”. Kemudian hasil data yang diperoleh dari Uji Ahli alat tahap I dan tahap II mengalami peningkatan yaitu sebesar 19?ngan kategori penilaian yaitu “Sangat Layak”, maka dapat disimpulkan bahwa Modifikasi alatTraining Bag ini dapat digunakan untuk meningkatkan teknik bantingan pada atlet gulat kota Surakarta Tahun 2019.
Kata Kunci : alat modifikasi, training bag, teknik, bantingan