Abstrak


Evaluasi Penerapan Keselamatan Prasarana pada Unit Dumpt Truck Coal Getting dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan di Pt Jhonlin Baratama Site Sungai Dua Kalimantan Selatan


Oleh :
Sekar Cahyaning Budiyani - R0016093 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Latar Belakang : Industri Pertambangan dalam  kegiatan operasionalnya mempunyai faktor risiko bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja karena unsafe action dan unsafe condition. Kegiatan pengangkutan batubara memiliki bahaya dan risiko yang tinggi  . Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan pihak perusahaan dengan melengkapi unit dumpt truck coal getting dengan prasarana keselamatan.

Metode : Metode penelitian melalui metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data, wawancara dan observasi langsung kemudian dianalisis dengan regulasi terkait.

Hasil : Penerapan Keselamatan Prasarana pada unit dumpt truck coal getting dilakukan dengan melengkapi unit dengan prasarana yang mendukung terciptanya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Penerapan berpedoman pada peraturan, dan SOP yang telah ditetapkan oleh standar perusahaan. Didapatkan unit-unit yang masih tidak memiliki kelengkapan prasarana keselamatan pada unit. Perawatan dan Pemeliharaan unit dilakukan dengan melakukan Pemeriksaan dan Pemeliharaan Harian (P2H) dan commissioning. Pengawasan unit dilakukan dengan cara inspeksi mendadak oleh departemen terkait.

Simpulan : Secara umum penerapan Keselamatan Prasarana pada unit dumpt truck coal getting telah dilaksanakan sesuai dengan standar perusahaan. Masih terdapat unit yang tidak memiliki prasarana keselamtan. Saran yang diberikan adalah segera melengkapai unit dengan prasaran keselamatan. 

Kata Kunci : Keselamatan Prasarana Dumpt Truck Coal Getting