Abstrak


Peran Public Relations PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Jateng dan Diy dalam Menyebarkan Informasi Melalui Media Sosial Twitter dan Facebook


Oleh :
Galuh Pramesti Monikasari - D1616021 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pada dasarnya humas dalam sebuah perusahaan atau instansi berperan dalam melakukan kegitan yang bertujuan untuk membangun opini dan citra positif dari publiknya. Dalam melakukan tugasnya praktisi humas harus pandai melihat situasi dan keadaaan disekitarnya. Dalam konteks ini dengan berkembangnya teknologi komunikasi, hal ini tentu saja tidak boleh dilewatkan oleh seorang praktisi humas. Praktisi humas harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membantu memperlancar tugasnya dan meraih tujuan yang telah ditetapkan.
Salah satu perusahaan yang menjalankan fungsi Public Relations sesuai dengan tugasnya adalah PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (UID JTY) yang berperan sebagai penyedia energi listrik untuk seluruh area jaringan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pada penulisan tugas akhir ini, pembahasan terfokus pada kegiatan Penyebaran Informasi Melalui Media Sosial yang dilaksanakan oleh Public Relations PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) yang dilaksanakan selama dua bulan, dimulai sejak 1 Maret 2019 – 30 April 2019 di PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang beralamat di Jl. Teuku Umar No. 47, Karangrejo, Gajahmungkur, Semarang, di lantai 4 gedung PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Peran Public Relations melalui kegiatan penyerbaran informasi melalui media sosial bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai program – program PLN, informasi pemadaman listrik di wilayah tertentu hingga kegiatan yang diadakan seperti CSR, Employee Gathering dan kegiatan lain. Melihat euforia masyarkat modern terhadap media sosial khususnya twitter dan faceboook semakin memaksimalkan fungsi media sosial Twitter dan Facebook resmi PLN Jateng DIY untuk menjadi media atau sarana penyebaran informasi oleh humas PLN Jateng DIY yang efektif dan efisien
Kata kunci : Public Relations, Informasi, Media Sosial, Twitter, Facebook, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.