Abstrak


Penerapan Model Guided Note Taking (Gnt) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 2 Depokrejo Tahun Ajaran 2016/2017


Oleh :
Diaz Harry Suhadha - K7113058 - Fak. KIP

Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendiskripsikan penerapan model Guided Note Taking untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kela IV SDN 2 Depokrejo tahun ajaran 2016/2017; (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 2 Depokrejo tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model Guided Note Taking; dan (3) mendiskripsikan kendala dan solusi penerapan model Guided Note Taking untuk meningkatkan keterampilan menulis  karangan  narasi  pada  siswa  kelas  IV  SDN  2  Depokrejo  tahun  ajaran 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 2 Depokrejo yang berjumlah 16 siswa. Teknik mengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model  Guided Note Taking dilaksanakan dengan tiga langkah sebagai berikut: (a) guru membagikan teks rumpang, (b) siswa mengisi kerangka rumpang, dan (c) siswa membacakan teks yang telah diisi secara lengkap; (2) penerapan model Guided Note Taking dapat meningkatkan keterampilan  menulis  karangan  narasi  siswa  kelas  IV  SDN  2 Depokrejo dibuktikan dengan persentase ketuntasan tes siswa pada siklus I sebesar 71.87%  dan  pada siklus  II  persentase  ketuntasan  tes  siswa  meningkat  menjadi 90.63%; dan (3) kendala pelaksanaan yaitu siswa sudah berani menjawab pertanyaan dari guru namun belum berani menanggapi jawaban dari teman dan   kerangka karangan yang dituliskan siswa pada lembar evaluasi berbeda dengan kerangka yang sudah dikoreksi bersama dengan guru. Solusi dari kendala yang muncul yaitu memberikan motivasi berupa pernyataan dan hadiah yang dapat memancing siswa untuk  saling  menanggapi  dan  menyamakan  persepsi  siswa  tentang  kerangka karangan, serta   menuliskan kerangka karangan yang utuh atau sudah disepakati bersama di papan tulis kemudian meminta siswa untuk mencatatnya di buku catatan masing- masing.
Simpulan dari penelitian ini  yaitu penerapan model Guided Note Taking dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 2
Depokrejo.
Kata Kunci: Guided Note Taking, Keterampilan menulis, Narasi