;

Abstrak


Kebijakan Pemberian Izin Pemanfaatan Air dan Energi Air di Taman Nasional Kerinci Seblat dalam Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan


Oleh :
Arif Wibowo - S311608002 - Sekolah Pascasarjana

Penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis penerapan  kebijakan izin pemanfaatan air dan energi air di taman nasional khusunya Taman Nasional Kerinci Seblat. Penerapan Permenhut P.64/Menhut-II/2013 Tentang Pemanfatan air dan energi air di Taman Nasional dapat diartikan sebagai suatu pencapaian tujuan, nilai-nilai dan praktek-praktek yang terarah. Penelitian ini mengunakan metode penelitian hukum empiris atau non doktrinal dengan analisis data kualitatif dengan model interaktif dan lokasi penelitian di Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat. 
Dalam penerapan kebijakan izin pemanfaatan air dan energi air telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan memperhitungkan kepentingan lingkungan. Dalam pembangunan sarana dan prasarana didasarkan pada rencana usaha dengan memperhatikan aspek teknis kondisi geografis dan dampak ekologis, Idealnya hukum izin pemanfaatan air dan energi air di Taman Nasional dalam mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan secara subtantif harus adanya singkronisasi dengan peraturan perundangan-undang yang terkait. 
Untuk itu peneliti memberikan masukan agar Permenhut P.64/Menhut-II/2013 Tentang Pemanfatan air dan energi air di Taman Nasional dilakukan perbaikan terutama untuk persyaratan harus adanya izin lingkungan yaitu Amdal, kejelasan tata waktu dalam perizinan, perlunya batasan luas areal pembangunan sarana prasarana, aturan tentang penggunaan/ pemanfaatan bahan bekas/sisa galian. Secara normatif pemanfaatan air dan energi air di Taman Nasional Kerinci Seblat telah berupaya untuk menjaga kelestarian kawasan dan memenuhi kebutuhan air dan energi alternatif bagi masyarakat baik di hulu maupun di hilir dan upaya perlindungan kawasan konservasi melalui mekanisme perizinan.