Abstrak


Perancangan motif tekstil dengan mengolah karya lukis anak down syndrome


Oleh :
Ajeng Annisa Faradhila - C0915004 - Fak. Seni Rupa dan Desain

ABSTRAK


AjengAnnisaFaradhila. C0915004. 2019. PerancanganMotif Tekstildengan MengolahKarya Lukis Anak Down Syndrome.TugasAkhir: Program Studi Kriya TekstilFakultasSeni Rupa dan DesainUniversitasSebelasMaret.

Perancangan motif ini mengkolaborasikan karyalukisDwiAndiniMa’ruf (23 tahun) yang mengalamiretardasi mental down syndrome mozaik 15?ngandesaintekstilyangdidasarkan pada karakterberupagaris-garistidakrapi dan memilikibentuktidaksempurnaRumusanmasalahdalamperancanganiniadalah bagaimana merancang motif tekstilmenggunakanrepresentasi visual karyalukisanakdown syndromeuntukpakaiansiappakaiwanitasegalausia?
Perancanganini menggunakan pendekatan desain yang melewati tiga proses pokok, yakni; proses eksplorasi, terminasi, serta ekstrasi (Palgunadi. 2007). Melalui pendekatan tersebut, penulis menggali dan mendalami informasi terkait down syndrome,kemudianmerencanakan kegiatan perancangan terkait konsep secara menyeluruh, serta menganalisis perancangan yang dibuat guna menentukan kesimpulan dan pemecahan permasalahan yang ada.
Hasil perancanganiniadalahmotif tekstil yang mengolahulangkaryalukisanakdown syndrome sebagai ide awaldenganmempertahankankomposisi yang sesuaidengankaraktersubjek dan diinterpretasikanmelaluidesainsederhanamenggunakanteknikcetaksaringuntukpakaiansiappakai.Penekanangaris, pemilihanwarna, ditampilkansecarautuhuntukmenonjolkankeunikancarapandangsubjek.

Kata kunci: MOTIF TEKSTIL, lukisdown syndrome, cetaksaring.