Abstrak


Layanan terpadu perpustakaan sekolah di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah


Oleh :
Nani Ismawati - D1816065 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Kuliah Kerja Pusdokinfo dilaksanakan di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Jalan Sriwijaya 29A, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 11 Februari 2019 sampai dengan tanggal 29 Maret 2019. Kuliah Kerja Pusdokinfo dilaksanakan untuk memenuhi salah satu syarat penulisan Tugas Akhir Program Studi DIII Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dilaksanakan Kuliah Kerja Pusdokinfo adalah : 1) Untuk meningkatkan keterampilan kompetensi dibidang perpustakaan agar memiliki daya saing dalam memasuki dunia kerja. 2) Untuk meningkatkan wawasan tentang perpustakaan melalui pengalaman kerja.
Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah adalah layanan perpustakaan dinas, dimana pelayanannya dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya menggunakan kendaraan darat. Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah merupakan suatu kegiatan yang berupaya memberikan bantuan layanan perpustakaan yang dilakukan secara terpadu bagi sekolah-sekolah yang berada dalam suatu wilayah tertentu (area library service system) menggunakan sistem rotasi buku.
Hasil dari pelaksanaan magang di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, penulis mendapatkan ilmu di berbagai bidang seperti pengolahan, pelestarian, pelayanan dan publikasi. Penulis juga diikut sertakan dalam kegiatan di dalam maupun di luar perpustakaan sehingga dapat menambah pengalaman tidak hanya melalui teori namun dengan praktik secara langsung. Penulis dibimbing untuk melayani secara langsung pemustaka yang datang ke perpustakaan melalui layanan yang diberikan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.
Kesimpulan yang dapat penulis ambil adalah : 1) Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah memberikan pelayanan kepada pemustaka dengan meminjamkan buku ke perpustakaan sekolah khususnya daerah Semarang dalam jumlah besar (bulk loan system) dan akan dirotasikan setiap satu bulan sekali pada minggu terakhir. Dengan adanya sistem peminjaman bulk loan system  sangat membantu perpustakaan sekolah karena pemustaka bisa memenuhi kebutuhannya akan koleksi.  Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah bertujuan untuk mengantisipasi kejenuhan koleksi dan menambah variasi judul koleksi di perpustakaan sekolah. Dengan adanya Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah sangat bermanfaat bagi pemustaka di perpustakaan sekolah. 2) Koleksi yang dipinjamkan melalui Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah dapat memberikan manfaat kepada pemustaka antara lain yaitu manfaat edukasi, manfaat informasi dan manfaat rekreasi. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yaitu memberikan informasi terlebih dahulu kepada pustakawan perpustakaan sekolah apabila ada kunjungan Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah, mengingatkan pustakawan perpustakaan sekolah agar menjaga koleksi yang dipinjam, memanfaatkan kendaraan operasional pegawai dalam pengoperasian Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah dengan izin dari Kepala Seksi Layanan dan Otomasi.