Abstrak


Layanan koleksi memorabilia sebagai sarana belajar mengasikan bagi siswa sekolah di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno


Oleh :
Yuvita Akromatunian - D1816112 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Sutarno NS (2003:2), perpustakaan merupakan agen dari kebudayaan dan agen perubahan (agent of cultural and agent of changes) yang di hasilkan dari hasil budaya dan sejarah di manfaatkan untuk di rekam dan dibukukan pada saat ini hingga masa depan oleh masyarakat. Hasil dari magang yang didapatkan oleh penulis dari minggu pertama hingga minggu keenam ditempatkan di beberapa konter yang ada. Penulis mendapatakan banyak ilmu yang berhubungan dengan perpustakaan, baik yang pernah penulis pelajari maupun yang belum pernah penulis dapatkan pada saat teori di kelas, tetapi penulis tertarik terutama pada minggu ketiga mengikuti kegiatan yang ada di Layanan Koleksi Memorabilia. Pada layanan ini penulis menjadikan sebagai judul Tugas Akhir. Layanan Memorabilia ini penulis mendapatkan banyak ilmu yang didapat seperti halnya Library Tour yang menawarkan dengan berbagai Layanan yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. Layanan yang didapatkan penulis pada saat magang terdapat tiga rangkaian yaitu yang pertama Layanan Museum disini penulis ikut serta dalam mendampingi siswa sekolah dalam kunjungan untuk melihat koleksi peninggalan Bung Karno dan melihat tata cara ketika pustakawan melakukan Story Telling dan Bimbingan pemustaka serta mendapat banyak ilmu ketika melayani pangunjung yang datang di Layanan Koleksi Memorabilia. Layanan yang kedua yaitu Layanan Audio Visual disini penulis pada saat magang mendapatkan banyak ilmu untuk bisa berinteraksi langsung kepada siswa yang akan menonton pemutaran film Bung Karno.
Layanan yang terakhir yaitu Layanan Anak Remaja (AR) disini penulis mendapatkan banyak ilmu untuk mengkondisikan siswa sekolah PAUD, TK, SD pada saat berkunjung di Koleksi Anak Remaja. Kegiatan Layanan Koleksi Memorabilia dengan program Library Tour yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno yang diperuntukkan untuk umum dan terutama siswa sekolah, dikemas dengan suasana yang mengasikan. Siswa sekolah yang berkunjung mendapat beberapa layanan yang dimiliki seperti halnya memiliki tiga rangkaian yaitu Layanan Museum, Layanan Audio Visual dan Layanan Anak Remaja (AR). Layanan yang diberikan memiliki peran masing-masing disetiap layanan, seperti rangkaian yang pertama yaitu Layanan Museum siswa sekolah diajak untuk belajar mengenal sejarah dan peninggalan mengenai Bung Karno yang masih terawat dengan baik. Rangkaian yang kedua yaitu Layanan Audio Visual yaitu siswa sekolah diajak untuk mengenal sosok Bung Karno lebih dekat dengan menonton film dokumenter mengenai Bung Karno yang menjelaskan latar belakang Bung Karno. Layanan yang ketiga yaitu Layanan Anak Remaja yaitu siswa PAUD, TK dan SD diajak untuk senang membaca sejak dini, layanan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca pada siswa. Selain peran dari ketiga layanan tersebut, adanya Library Tour program yang dimiliki Layanan Koleksi Memorabilia di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno bukan hanya sebagai tempat membaca dan meminjam buku saja melainkan sebagai sarana bermain dan belajar yang mengasikan di perpustakaan. Keasikan itu terpancar dari ekspresi wajah dan gerakan tangan dari setiap masing-masing siswa sekolah yang berkunjung.