Abstrak


Analisis Pengaruh Kinerja Perusahaan Dan Faktor Makro Ekonomi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Rokok Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2016


Oleh :
Yosua Graziandi Prayudi - F0113095 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang dari faktor kinerja perusahaan dan faktor makro ekonomi terhadap return saham perusahaan rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Variabel faktor kinerja perusahaan yang dipakai adalah Return on Asset, Return on Equity, dan Earning per Share. Sementara itu, variabel makro ekonomi yang dipakai adalah inflasi, BI rate, dan kurs rupiah. Perusahaan yang dijadikan sampel dalam adalah PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP). Metode yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM) yang dikembangkan oleh Engel-Granger dengan lama penelitian antara tahun 2009 sampai 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return on Asset, Return on Equity, Earning per Share, inflasi, BI rate, dan kurs rupiah memiliki hubungan jangka panjang terhadap return saham pada kedua perusahaan tersebut. Sementara itu, secara parsial laju Earning per Share, inflasi, BI rate, dan kurs rupiah memiliki pengaruh terhadap laju return saham pada PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dalam jangka pendek. Berbeda dengan hasil tersebut, secara parsial hanya laju Return on Equity dan BI rate yang memiliki pengaruh terhadap laju return saham pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) dalam jangka pendek.

Kata Kunci: Pasar Modal, Return Saham, Return on Asset, Return on Equity, Earning per Share, Inflasi, BI Rate, Kurs Rupiah, Error Corection Model (ECM)