Abstrak


Studi Tentang Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Materi Pembelajaran ( Studi pada Guru Ppkn Sekolah Menengah atas Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Asmak Qomariah - K6413010 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan klasifikasi kualifikasi akademik. 2) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam pengembangan materi pembelajaran sudah mencakup prinsip-prinsip pengembangan materi pembelajaran. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat kompetensi profesional guru pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangan materi pembelajaran di SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar.

Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Sajian data, 4) Pengambilan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Persiapan, 2) Pengumpulan data, 3) Analisis data, dan 4) Penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMA N Gondangrejo sudah sesuai dengan kualifikasi akademik, untuk kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan masih ada yang belum memenuhi indikator-indikator kompetensi profesional. 2) Peran kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangan materi pembelajaran belum memenuhi prinsip-prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan. 3) Hambatan kompetensi profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengembangan materi pembelajaran  meliputi: terbatasnya buku referensi atau buku penunjang yang dimiliki guru dan siswa, guru kekurangan sarana dan prasarana untuk menunjang pengembangan materi pembelajaran, sulitnya guru untuk meluangkan waktunya untuk menulis materi ajar sendiri, kurangnya guru dalam memanfaatkan media pembelajaran dengan baik, rendahnya kemampuan yang dimiliki guru dalam pengembangan materi pembelajaran.

Kata kunci: Kompetensi Profesional guru Pendidikan Kewarganegaraan, pengembangan materi pembelajara