;

Abstrak


Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Saintifik pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA/MA Kelas XI


Oleh :
Bayu Antrakusuma - S831602005 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Bayu Antrakusuma. S831602005. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA/MA KELAS XI.  Tesis. Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis saintifik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA/MA kelas XI dan mengetahui  kelayakan, serta efektivitasnya.
Penelitian ini mengacu pada penelitian pengembangan Borg and Gall dengan 10 tahap (penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan awal, revisi hasil uji lapangan awal, uji lapangan utama, revisi hasil uji lapangan utama, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, dan desiminasi).
Kelayakan modul ini divalidasi oleh 6 ahli (diantaranya ahli materi kimia, pendidikan, media, dan Bahasa) serta 1 guru mata pelajaran kimia. Teknik validasi yang digunakan mengacu pada Aiken. Penerapan uji keterbacaan modul dilakukan di 3 sekolah yaitu SMAN 3 Boyolali, SMAN 1 Teras, dan SMAN 1 Kemusu. Sumber data pada penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi serta wawancara Teknsik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah mengembangkan modul kimia berbasis saintifik pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam bentuk elektronik yang dapat di akses di Komputer dan smartphone. Angket penilaian siswa dan guru pada uji coba lapangan operasional mendapatkan hasil 81,63% (sangat baik) dan 73,98% (baik). Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan nilai keterampilan proses sains (KPS) antara kelas kontrol dan eksperimen. Sehingga modul elektronik berbasis saintifik ini efektif digunakan dalam pembelajaran guna memberdayakan keterampilan proses sains siswa.

Kata kunci: penelitian pengembangan, modul elektronik, saintifik, keterampilan proses sains