;

Abstrak


Pengaruh Dukungan Keluarga, Modal Sosial, Efikasi Diri, Pendidikan, Pekerjaan, Penghasilan, dan Status Tinggal Terhadap Kualitas Hidup Usia Lanjut di Kota Salatiga


Oleh :
Kadarwati - S021508030 - Sekolah Pascasarjana

ABSTRAK

Latar Belakang: Pertambahan penduduk lanjut usia yang pesat berdampak terhadap angka harapan hidup (AHH), hal ini menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan terutama di bidang kesehatan. Kualitas hidup dipengaruhi oleh kondisi fisik, psikologis, sosial dan lingkungan. Lanjut usia mengalami keterbatasan dalam berbagai hal sehingga kualitas hidup mengalami penurunan, lansia membutuhkan kepercayaan diri, dukungan dari keluarga, dan kepedulian masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga, modal sosial, efikasi diri, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan status tinggal terhadap kualitas hidup lanjut usia. 

Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Lo¬ka¬si penelitian di 6 kelurahan wilayah kerja kecamatan sidorejo Kota Salatiga, Jawa Tengah. Waktu penelitian pada bulan Maret-April 2017. Subjek penelitian sebesar 150 lansia dengan usia 60 sampai 74 tahun dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Variabel eksogen terdiri dari (pendidikan, modal sosial dan status tinggal). Variabel endogen terdiri dari (dukungan keluarga, efikasi diri, pekerjaan, penghasilan, dan kualitas hidup usia lanjut). Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur.

Hasil: Kualitas hidup usia lanjut dipengaruhi secara langsung oleh penghasilan (b=0.06; SE= 1.16; p=0.005), dukungan keluarga (b= 0.14; SE= 0.22; p= 0.003), dan efikasi diri (b= 0.79; SE= 0.11;  p=<0 xss=removed xss=removed xss=removed b=0.21 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>

Kesimpulan: Kualitas hidup usia lanjut dipengaruhi oleh penghasilan, dukungan keluarga, dan efikasi diri. Dukungan keluarga dipengaruhi oleh status tinggal, penghasilan, dan modal sosial. Efikasidiri dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan modal sosial. Pendidikan mempengaruhi pekerjaan dan penghasilan. 

Kata Kunci: Kualitas Hidup, Faktor pengaruh, Usia Lanjut, Path Analysis