Abstrak


Peran Video Journalist dalam Proses Produksi Acara Berita Net. Jawa Timur


Oleh :
Pramudya Kukuh Marhenhendra - D1414044 - Fak. ISIP

Abstrak

Kuliah Kerja Media (KKM) bertujuan untuk memenuhi syarat kelulusan jurusan Diploma III Komunikasi Terapan konsentrasi Penyiaran Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Selain itu juga mengenalkan dunia kerja dalam dunia pertelevisian kepada mahasiswa agar mengetahui persaingan ketat yang terjadi di dunia kerja, terutama di pertelevisian Indonesia.

Media televisi memiliki fungsi utama menyampaikan informasi, edukasi, dan hiburan. Televisi merupakan media massa yang sangat diminati oleh semua kalangan dewasa ini. Bahkan telivisi yang merupakan media yang menyampaikan informasi  melalui  audio  visual  yang  dapat  secara  lebih  efektif  dibandingkan dengan radio dan koran yang hanya bersifat audio atau visual saja.

Sebagai televisi nasional, Indosiar juga dituntut untuk memenuhi fungsi televisi. Salah satu fungsi yang tidak boleh dilupakan yaitu fungsi sebagai media informasi, sehingga Indosiar dituntut untuk menyampaikan berita yang terjadi di masyarakat dan dikemas dalam sebuah program khusus berita. Program Patroli dan Fokus merupakan program khusus berita yang ada di stasiun televisi Indosiar. Patroli yang lebih ke arah berita kriminal, sedangkan Fokus lebih cenderung ke politik dan ekonomi.

Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM), penulis sudah cukup mendalami peran sebagai editor news dalam program Patroli dan Fokus yang ada di Indosiar. Sebuah pekerjaan yang tidak boleh luput dari kerumitan dari kendala yang dialami oleh penulis sehingga menghambat untuk diselesaikan hingga kesulitan beradaptasi dengan tantangan deadline yang menuntut penulis untuk bekerja cepat dalam menyelesaikan masalah.

Kuliah Kerja Media (KKM) memberikan pengalaman kepada penulis wawasan, pengetahuan serta menambah keahlian mengenai kreativitas seorang editor   dalam   mengerjakan   pekerjaan   yang   harus   diselesaikan   dan   cara memecahkan beberapa masalah yang terjadi selama bekerja secara professional. Pengalaman ini akan menjadi pengetahuan baru dalam dunia kerja pertelevisian.

Kata Kunci : video jurnalist, program televisi, news, net biro jatim