Abstrak


Identifikasi kesulitan guru dalam pelaksanaan penilaian dan pemanfaatan teknologi informasi pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 4 Surakarta


Oleh :
Muh Nur Solikhin - K6413043 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Kesulitan yang dialami oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Surakarta. (2) Kendala–kendala yang dialami oleh guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam memanfaatkan teknologi informasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Surakarta.
Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan deksriptif kualitatif dengan penelitian analisis dokumen/isi. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Sajian data, 4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Persiapan, 2) pengumpulan data, 3) analisis data, 4) penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa, (1) Guru masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran PPKn, kesulitan tersebut terletak pada tahap perencanaan, pelaksanaan penilaian tes lisan dan penilaian sikap melalui penilaian diri dan antar teman. (2) Guru PPKn di SMK Negeri 4 Surakarta mengalami kendala dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, hal ini terjadi karena faktor internal dan factor eksternal. Faktor internal: masih kurang pengetahuan guru dalam memanfaatkan perangkat modern, dan kurangnya kemauan guru untuk belajar, Faktor eksternal: kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia di kelas saat pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Kesulitan, Pelaksanaan Penilaian dan Pemanfaatan Teknologi