Abstrak


PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV


Oleh :
Hasrani - K7113255 - Fak. KIP

ABSTRAK


Hasrani. K7113255. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUHAN KERTEN NO.58 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017.


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi melalui penerapan metode pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Dukuhan Kerten No.58 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri di Surakarta tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilakukan dengan empat cara, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas pemahaman konsep perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada pratindakan adalah 61,89 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 34,48%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 73,38 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 72,41%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,12 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 89,65%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi siswa kelas IV SD Negeri Dukuhan Kerten No.58 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Pemahaman konsep perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi, Metode Mind Mapping