Abstrak


Penanganan Kredit Macet pada Kredit Umum Pedesaan di Bank Rakyat Indonesia Unit Pajang


Oleh :
Vicky Nilamsari - F3616061 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak

Tugas Akhir ini membahas mengenai penanganan kredit macet pada Bank BRI unit Pajang. Dimana penulisan ini di latar belakangi oleh kegiatan bank yaitu menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa bank lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup orang banyak. Dari latar belakang tersebut muncul permasalahan tentang penyaluran dana (kredit) yaitukredit macet. Terjadinya kredit macet apabila debitur tidak mampu dalam mengembalikan kewajibannya berupa pokok hutang dan bunganya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal.
Metode pembahasan yang digunakan adalah pembahasan deskriptif yaitu dengan proses mengumpulkan, mengolah, menganalisa, dan disajikan dalam bentuk gambar tanpa melakukan hipotesa serta perhitungan secara sistematis. Sumber data primer dalam penelitian ini di peroleh dari responden, dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan data sekunder di peroleh dari karyawan yaitu berupa dokumen-dokumen perbankan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih mendalam penetapan suatu kredit macet serta untuk mengetahui apa saja faktor penyebab dari kredit macet pada Kredit Umum Pedesaan di Bank Rakyat Indonesia Unit Pajang, kemudian mengetahui Strategi yang digunakan dalam Penanganan Kredit Macet tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa angka kredit macet pada Bank BRI Unit Pajang dari tahun 2015 hingga 2018 mengalami penurunan yang signifikan. Kredit macet seringkali disebabkan karena character debitur yang kurang baik. Kemudian strategi penanganan yang dilakukan oleh Bank BRI Unit Pajang dengan cara pembinaan dan restrukturisasi (non litigasi) serta jalur hukum melalui pengadilan negeri, klaim asuransi, dan melalui kantor pelayanan kekayaan Negara dan lelang (KPKNL).