Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Kroya Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Anang Bachtiar Ramadhan - K4612016 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

Anang Bachtiar Ramadhan, K4612016. UPAYA PENINGKATAN   HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 1 KROYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017.
Tujuan  Penelitian  ini  adalah  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  tolak peluru gaya menyamping pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Kroya tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Kroya yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 17 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik  deskriptif  komparatif  dengan  menggunakan  teknik  persentase  untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar tolak peluru gaya menyamping siswa pada Siklus I dari 31 siswa mencapai 61,29% atau sebanyak 19 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 80,65% atau sebanyak 25 siswa sedangkan 6 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 71.
Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulan bahwa penggunaan alat
bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping  pada siswa kelas VIIB 1 SMP Negeri 1 Kroya tahun pelajaran 2016
/ 2017.


Kata Kunci : Hasil Belajar, Tolak Peluru Gaya Menyamping, Menggunakan Alat
Bantu Pembelajaran.