Abstrak


Peningkatan pemahaman konsep kenampakan matahari melalui penerapan metode pembelajaran Outdoor Study berbasis media pembelajaran flip chart (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SD Negeri Tunggulsari 1 no. 72 Laweyan Surakarta 2016/2017)


Oleh :
Ade Rahma Damayanti - K7113001 - Fak. KIP

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kenampakan matahari siswa kelas II semester II SDN Tunggulsari  1  No. 72 Laweyan,  Surakarta tahun  pelajaran  2016/2017  dengan menerapkan metode pembelajaran outdoor study berbasis media pembelajaran flip chart.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep kenampakan matahari. Subjek penelitian adalah peneliti, guru dan siswa kelas II SDN Tunggulsari 1 No.72 Surakarta yang terdiri dari 31 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus yang memiliki 4 tahapan di setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif komparatif dan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep kenampakan matahari meningkat melalui penerapan metode pembelajaran outdoor study berbasis media pembelajaran flip chart . Peningkatan tersebut dapat dibuktikan
dengan hasil ketuntasan klasikal setiap siklus berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal ? 70 yaitu pada pratindakan hingga siklus I ketuntasan klasikal pemahaman  konsep  kenampakan  matahari  mengalami  peningkatan,  yaitu  dari