Abstrak


Upaya peningkatan hasil belajar IPA materi peristiwa alam melalui kooperatif tipe Think Pair Share(TPS) (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017)


Oleh :
Sri Windari - K7113268 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar materi peristiwa alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas V SD Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian   tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan.Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai peneliti, guru dan siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,tes , dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penjajian data dan penerikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-ratahasil belajar peristiwa alam pada kondisi awal adalah 61,50 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 33,33%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 71,83 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar  56,67%. Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 78,77?ngan persentase ketuntasan kelas sebesar
90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Hasil belajar materi peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran
2016/2017.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Peristiwa Alam, Think Pair Share