Abstrak


Efektivitas strategi hubungan kerja antar freight forwarder antara PT Wira Servindo Kirana Abadi Indonesia dengan prominent freight services SDN BHD Malaysia


Oleh :
Gumilang Panji Trihatmojo - F3114030 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dengan semakin kompetitifnya persaingan dalam bidang jasa freight forwarding, perusahaan akan semakin berlomba-lomba dalam memberikan penawaran terbaik kepada calon pelanggan. Selain mengandalkan peran marketing, perusahaan harus bekerjasama dengan beberapa pihak agar mendapat keuntungan dalam bertransaksi, salah satunya dengan bekerjasama dengan perusahaan bidang jasa yang sama yang berada di lura  negeri  sehingga  pangsa  pasar  lebih berkembang dan  luas.  Namun  dalam melakukan kerjasama, strategi harus tetap dijalankan agar setiap tahunnya hasil kerjasama yang dilakukan mengalami peningkatan baik dari keuntungan finansial dan keuntungan-keuntungan lainnya. Oleh karena itu, Penulis ingin meneliti hal ini dengan tujuan mendapatkan strategi yang dapat membantu perusahaan bidang jasa ini dalam melakukan kerjasama antar freigh forwarder sehingga kerjasama yang dilakukan dapat lebih efektif.
Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Fishbone Diagram atau diagram sebab-akibat. Jenis data yang dipakai adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi selama proses magang sedangkan data sekunder didapatkan dari studi pustaka yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian di WISKA adalah memperoleh beberapa strategi yang diharapkan bisa membantu perusahaan freight forwarder dalam bekerjasama sehingga hasil yang didapatkan meningkat dan menjadi lebih baik lagi.

Kata kunci : Strategi, Kerjasama, Freight Forwarder