Abstrak


Peningkatan pemahaman sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor no. 15 Surakarta tahun ajaran 2016/2017)


Oleh :
Marhatul Saleha - K7113261 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) pada siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Sumber data yang digunakan berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman sifat-sifat cahaya dapat meningkat melalui penggunaan model pembelajaran SAVI. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum  dilaksanakannya tindakan nilai rata-rata kelas 49,83 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 20,69%, siklus I nilai rata-rata kelas 73,36 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,06%, dan siklus II nilai rata-rata kelas 81,48 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,75%.
Berdasarkan  data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci: pemahaman, sifat-sifat cahaya, SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy