Abstrak


Pembuatan game android 2d “The Legend of Ajisaka” menggunakan unity


Oleh :
Dimas Tomy Nur Pratama - M3114055 - Fak. MIPA

Perkembangan game di Indonesia sudah semakin pesat. Dapat ditunjukkan dengan banyaknya game Android yang banyak menjadi viral di Indonesia seperti “Tahu bulat, flappy birds, Tebak Gambar, dll”. Ini membuktikan bahwa sebagian besar orang Indonesia suka bermain game, terutama game Android karena bisa kapan saja dan dimanapun.
Indonesia merupakan negara dengan banyak daerah. Di berbagai daerah, terdapat berbagai cerita rakyat. Mulai dari Legenda, Fabel, Mitos dan sebagainya. Sekarang ini, cerita rakyat semakin ditinggalkan rakyat Indonesia, terutama untuk kalangan pemuda sekarang ini. Seiring terlupakannya cerita rakyat Indonesia, budaya pun juga akan ikut terlupakan nantinya. Permasalahannya adalah banyak masyarakat terutama kalangan pemuda yang sedikit mengetahui tentang cerita rakyat, dan mau mempelajari tentang cerita rakyat.
Untuk membuat atau mengembangkan aplikasi multimedia terdapat banyak metodologi yang bisa digunakan. Dalam game “The Legend of Ajisaka” ini penulis menggunakan metodologi Pengembangan multimedia.
Hasil yang diharapkan dari Pembuatan Game Android “The Legend of Ajisaka” adalah sebagai media hiburan dan menjadi media edukasi masyarakat tentang salah satu dari berbagai cerita rakyat yang ada di Indonesia.

Kata kunci: Game, Unity, Cerita Rakyat, Ajisaka