Abstrak


Gambaran Tingkat Personal Hygiene Pada Pasien Apendisitis Anak


Oleh :
Rumaisha Azka - G0014209 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK

Rumaisha Azka, G0014209, 2018. Gambaran Tingkat Personal Hygiene pada Pasien
Apendisitis Anak. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Latar Belakang: Apendisitis adalah peradangan yang terjadi pada apendiks vermiformis dan merupakan penyebab nyeri abdomen yang paling sering terjadi. Apendisitis juga menjadi indikasi bedah abdomen darurat pada anak. Insidensi apendisitis anak adalah 1,66 per 1000. Keterlambatan diagnosis sebanyak 97% kasus apendisitis akut akan menimbulkan perforasi dengan angka mortalitas 5,1 per 1000 kasus. Etiologi tersering dari apendisitis adalah hiperplasia jaringan limfoid yang merupalkan salah satu respon imun dari infeksi. Faktor terjadinya infeksi di antaranya adalah buruknya personal hygiene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat personal hygiene pada pasien apendisitis anak.

Metode Penelitian:    Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di RSUD Dr Moewardi Surakarta, RSUD Dr Soehadi Prijonegoro Sragen, RSUD Pandan Arang Boyolali, RSUD Dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Sampel penelitian diambil secara total sampling pada pasien apendisitis anak di lokasi penelitian, sejumlah 33 responden. Penilaian pada pasien dilakukan menggunakan kuisioner skala personal hygiene yang terdiri dari 12 item. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat personal hygiene, dan variabel terikat berupa kejadian apendisitis pada anak. Data dianalisa secara statistik untuk penggambaran deskriptif.

Hasil Penelitian: Hasil pengambilan data menunjukkan bahwa 51,5% pasien apendisitis anak memiliki tingkat personal hygiene yang rendah.

Simpulan Penelitian: Pasien apendisits pada anak memiliki tingkat personal hygiene rendah

Kata Kunci: apendisitis, hygiene, personal hygiene, apendisitis anak