Abstrak


Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran kooperatif tipe roundtable (penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas III SD negeri Bulukantil Surakarta tahun ajaran 2018/2019)


Oleh :
Isnaini Suci Rahayu - K7115080 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas tiga SD Negeri Bulukantil Surakarta tahun ajarn 2018/2019 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas tiga SD Negeri Bulukantil Surakarta tahun ajaran 2018/2019, yang berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknis. Penelitian ini menggunakan analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa keterampilan menulis peserta didik kelas tiga SDN Bulukantil Surakarta tahun ajaran 2018/2019 dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable. Peningkatan keterampilan menulis narasi dapat dibuktikan dari hasil pratindakan sampai siklus II.  Ketuntasan klasikal  pada pratindakan 27,5?ngan nilai rata-rata kelas 66,02 meningkat pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 55?ngan nilai rata-rata kelas 79,25. Pada siklus II ketuntasan klasikal kembali meningkar sebesar 87,5?ngan nilai rata-rata kelas 82,8.
Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan diatas, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi pada peserta didik kelas tiga Sekolah Dasar Negeri Bulukantil pada tahun akademik 2018/2019 dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable.
Kata kunci : keterampilan menulis, narasi, model kooperatif, Roundtable