Abstrak


Analisis Faktor Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Cokelat Batangan Merek Silverqueen pada Pasar Swalayan Di Kota Surakarta


Oleh :
Ria Farikhah Al Khurmain - H0813153 - Fak. Pertanian

RINGKASAN
Ria Farikhah Al Khurmain. 2017. H0813153. Analisis Faktor bauran Pemasaran   (Marketing   Mix)   Terhadap   Keputusan   Pembelian   Cokelat Batangan Merek SilverQueen Pada Pasar Swalayan di Kota Surakarta. Dibimbing oleh Dr. Ir. Heru irianto M.M dan R. Kunto Adi S.P, M.P. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Agroindustri merupakan industri di bidang pertanian yang menangani pengolahan hasil produksi usahatani. Dalam Peraturan Presiden No. 28 Tahun
2008 terdapat beberapa agroindustri yang menjadi perhatian utama pemerintah karena diharapkan bisa menjadi industri andalan masa depan. Salah satu agroindustri prioritas tersebut adalah industri kakao dan cokelat. Ada berbagai macam  produk  olahan  kakao  yang  beredar  di  pasaran.  Cokelat  batangan merupakan produk olahan kakao yang umum dan mudah dijumpai di setiap pusat perbelanjaan. SilverQueen adalah brand pelopor cokelat batangan di Indonesia yang sampai sekarang selalu menjadi market leader untuk kategori cokelat batangan di Indonesia. Pengambilan keputusan oleh konsumen dalam membeli barang termasuk cokelat batangan merek SilverQueen tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya ialah faktor bauran pemasaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen serta mengetahui variabel paling dominan pada setiap faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian cokelat batangan merek SilverQueen pada pasar swalayan di Kota Surakarta.
Metode dasar pada penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis. Lokasi penelitian adalah pasar swalayan yang ada di Kota Surakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah Analisis faktor untuk menganalisis faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian cokelat batangan merek SilverQueen pada Pasar Swalayan di Kota Surakarta.
Hasil penelitian : (1) Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 16 variabel yang dianalisis dapat disederhanakan menjadi 14 variabel, yang terbagi menjadi 4 faktor inti dengan persentase total varian sebesar 67,112% (2) Hasil analisis faktor menunjukkan variabel yang paling dominan dipertimbangkan konsumen dalam setiap  faktor  adalah  variabel  kebersihan  pasar  swalayan  dengan  nilai  faktor loading sebesar 0,871; variabel iklan di media elektronik dengan faktor loading sebesar  0,790,  variabel  citra merek  dengan  faktor  loading sebesar  0,791,  dan variabel tekstur produk dengan faktor loading sebesar 0,760.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan, yaitu pada faktor tempat, pihak swalayan supaya lebih meningkatkan kebersihan lokasi. Pada faktor promosi, hendaknya perusahaan semakin memperbanyak iklan di media elektroni seperti di chanel TV swasta, instagram, facebook maupun website. Pada faktor merek, hendaknya perusahaan senantiasa menjaga kualitas produk. Pada faktor produk, hendaknya perusahaan senantiasa menjaga saluran distribusi produk.