Abstrak


Media Sosial, Kredibilitas, Electronic Word of Mouth dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasi Antara Aktivitas Menggunakan Media Sosial, Kredibilitas Sumber dan Electronic Word of Mouth dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi mengenai Rekomendasi Film Box Office di Kalangan Followers Akun Twitter @WatchmenID)


Oleh :
Annida Azkia Trinanda - D1217004 - Fak. ISIP

Abstrak

Manusia memiliki kebutuhan akan informasi yang berbeda satu sama lain. Salah satunya adalah informasi mengenai perfilman. Perkembangan teknologi komunikasi berupa internet dan media sosial saat ini membuat penyebaran dan pencarian informasi semakin cepat dan mudah. Salah satunya yaitu Twitter yang dengan segala fiturnya dapat membuat penggunanya saling berbagi dan berdiskusi mengenai suatu topik tertentu. Begitu pula dengan akun @WatchmenID yang membahas mengenai perfilman dan memberikan rekomendasi film dalam aktivitasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara aktivitas menggunakan media sosial, kredibilitas sumber dan electronic word of mouth dengan pemenuhan  kebutuhan informasi mengenai rekomendasi film box office di kalangan followers akun Twitter @WatchmenID. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification dan source credibility theory.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden. Penelitian ini menggunakan teknik survey dan merupakan penelitian dengan metode korelasional.
Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel aktivitas menggunakan media sosial, kredibilitas sumber dan electronic word of mouth dengan pemenuhan kebutuhan informasi mengenai rekomendasi film box office di kalangan followers akun Twitter @WatchmenID. Aktivitas menggunakan media sosial memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,695 dengan ?

Kata Kunci : media sosial, kredibilitas, e-wom, informasi