Abstrak


Faktor-faktor yang Memengaruhi Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS


Oleh :
Heni Widiawati - K7715022 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS.
Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS angkatan 2015-2018 yang berjumlah 288 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 berjumlah 49 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan bantuan software SPSS versi 20 for Windows. Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru, maka dilakukan pengolahan data berupa uji prasyarat analisis data yang terdiri dari uji KMO, uji barlett test, dan uji MSA yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan suatu data penelitian. Dari 7 variabel dengan 22 indikator yang diuji, didapatkan hasil berupa terdapat tiga indikator yang tidak valid sehingga harus dikeluarkan dan dilakukan pengujian ulang dengan 19 indikator. Pada pengujian kedua didapatkan hasil bahwa terdapat dua indikator yang tidak valid sehingga harus dikeluarkan dan dilakukan pengujian ulang pada 17 indikator. Pada pengujian ketiga didapatkan hasil bahwa terdapat satu dua indikator yang tidak valid sehingga harus dikeluarkan dan dilakukan pengujian ulang pada 16 indikator. Pada pengujian keempat didapatkan hasil bahwa seluruh indikator telah valid yaitu sebanyak 16 indikator. Setelah seluruh data valid, selanjutnya dilakukan ekstraksi faktor untuk mengetahui jumlah faktor yang terbentuk. Selanjutnya rotasi faktor yang dilakukan dengan tujuan untuk  mengelompokkan indikator menjadi  sebuah faktor baru dan besaran pengaruh masing-masing faktor terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diketahui terdapat 5 faktor yang memengaruhi kesiapan mahasiswa menjadi guru pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS, antara lain (1) Motivasi, (2) Penguasaan mata kuliah dasar kependidikan (MKDK), (3) Praktik pengalaman lapangan (PPL), (4) Locus of control internal, (5) Keadaan ekonomi keluarga.
Kata Kunci: Analisis Faktor, Kesiapan Menjadi Guru, Guru