Abstrak


Keefektifan descriptive feedback terhadap motivasi pada pembelajaran akuntansi di Smk Negeri 1 Karanganyar


Oleh :
Ratna Setyaningtyas - K7715045 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan keefektifan descriptive feedback terhadap motivasi pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Karanganyar yang terdiri dari 108 siswa. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X Akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial tipe parametik, yang sebelumnya dilakukan uji kelayakan data melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan keefektifan descriptive feedback terhadap motivasi pada pembelajaran akuntansi. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan nilai  Sig.(2-tailed)Kata Kunci: descriptive feedback, motivasi belajar, pembelajaran akuntansi.