Abstrak


Peningkatan pemahaman konsep proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui model pembelajaran make a match (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kembang Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017)


Oleh :
Cindy Arinda Putri - K7113050 - Fak. KIP

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan pemahaman konsep proklamasi kemerdekaa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kembang tahun 2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Kembang Boyolali terdiri atas 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk memeriksa validitas data adalah triangulasi. Triangulasi yang digunakan untuk uji validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan pemahaman konsep proklamasi kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 kembang Boyolali tahun ajar 2016/2017. Hal ini dapat ditunjukan dengan hasil belajar dari kondisi awal sebelum tindakan yaitu 63,09 dengan prosentase ketuntasan klasikal 40,9%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 69,32 dengan prosentase ketuntasan klasikal 54,55%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79,78 dengan prosentase ketuntasan klasikal 95,45%. Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dijadikan sebagai sarana kepada guru untuk diterapkan pada konsep proklamasi kemerdekaan Indonesia karena dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
 
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Proklamasi Kemerdeaan Indonesia, Model Make A Match