Abstrak


Peningkatan Fasilitas Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta untuk Mendukung Kelancaran Pelayanan Pengguna Jasa Penerbangan Tahun 2018


Oleh :
Anita Fedora - B3216008 - Fak. Ilmu Budaya

Abstrak

Pembangunan infrastruktur menuju tujuan prioritas, salah satu program pemerintah untuk merangsang iklim investasi di sektor pariwisata, Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta adalah bandara berstandar internasional, tetapi jika dibandingkan dengan fasilitas yang dimiliki oleh Singapore Changi Airport (SIN) khusus terminal 4, dapat dikatakan tertinggal dan perlu meningkatkan fasilitas pendukung untuk meningkatkan pelayanan.

Penelitian ini dimulai dengan pengamatan langsung di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta dan wawancara dengan sumber-sumber yang relevan yaitu dengan Airport Facilities Readiness & Enviroment bernama Mba Farah, Airport Operation Services and Hospitality bernama Bapak I Made Dwi  Wahyu  Bagia  S,  dan  Staff  Human  Capital  General  and  Affair  Section bernama Bapak Ardiansjah untuk mengetahui kondisi yang ada. Kemudian dilakukan analisis data dengan metode deskriptif, yaitu menggambarkan, mendeskripsikan atau menggambarkan kondisi yang diteliti secara sistematis.

Hasil analisis fasilitas Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo telah memenuhi persyaratan sebagai Bandar Udara Internasional tetapi masih perlu meningkatkan fasilitas pokok yaitu pengembangan fasilitas bandara seperti Perpanjangan  Runway  08  (400  mx  45  m)  dan  Apron  (90  mx  135  m). Pembangunan fasilitas penunjang yaitu Stasiun Kereta Api Bandar Udara Adi Soemarmo, dengan tujuan untuk mendukung kemajuan pariwisata dan masuknya wisatawan   asing   yang   bepergian   ke   wisata   Jawa   Tengah,   dan   untuk mempersingkat waktu perjalanan kembali ke negara wisatawan. Di samping itu mengurangi kepadatan Bandar Udara   Internasional Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Setelah melakukan analisis data, beberapa hal yang dapat dan perlu dikemukakan kembali sebagai kesimpulan hasil penelitian ini adalah Bandara Internasional  Adi  Soemarmo  Surakarta  memiliki  fasilitas airside  dan  landside yang sudah memenuhi standar Internasional. Untuk menunjang fasilitas Bandara Adi Soemarmo Surakarta melakukan pengembangan fasilitas seperti  perluasan area Runway (400 M x 45 M), Apron (90 M x 135 M), dan pembangunan Stasiun Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta.

Kata Kunci : Peningkatan, Fasilitas, Bandar Udara, Pelayanan, Pengguna Jasa, Internasional