Abstrak


Hubungan antara pemahaman kalimat efektif dan motivasi berprestasi dengan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas X SMK Kristen 1 Surakarta


Oleh :
Rosaliana Intan Pitaloka - K1213065 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya: (1) Hubungan antara pemahaman kalimat efektif dan keterampilan menulis teks deskripsi; (2) hubungan antara motivasi berprestasi dan keterampilan menulis teks deskripsi; serta (3) hubungan antara pemahaman kalimat efektif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks deskripsi.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Kristen 1 Surakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Kristen 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel (sampling) menggunakan simple random sampling. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini, yaitu satu variabel terikat dan dua variabel bebas. Variabel terikatnya berupa keterampilan menulis teks deskripsi (Y). Adapun variable bebasnya, yaitu pemahaman kalimat efektif (X1) dan motivasi berprestasi (X2). Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan menulis teks deskripsi, tes pemahaman kalimat efektif, dan angket motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi dan korelasi (sederhana dan ganda).
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara pemahaman kalimat efektif dan keterampilan menulis teks deskripsi (r x1y= 0,81 pada taraf nyata 0,05 dengan N=60 t1(10,52) > ttabel(1,59)); (2) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan keterampilan menulis teks deskripsi rx2y = 0,86 pada taraf nyata 0,05 dengan N=60 t2(12,84) > ttabel(1,59)); serta (3) ada hubungan positif antara pemahaman kalimat efektif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks deskripsi Ry1.2=0,88 pada taraf nyata 0,05 dengan N=60 dan F0 = (98,15) > Ftabel = (3,162).
Berdasar pada hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, pemahaman kalimat efektif dan motivasi berprestasi memberikan kontribusi yang berarti pada keterampilan menulis teks deskripsi, variabel motivasi berprestasi memberikan kontribusi lebih besar daripada variabel pemahaman kalimat efektif.

Kata Kunci : Keterampilan menulis teks deskripsi, pemahaman kalimat efektif, motivasi berprestasi