Abstrak


Hubungan Timbal (Pb) dalam darah dengan tekanan darah pada pedagang Pasar Buku belakang Sriwedari


Oleh :
Rizky Rahman - R0212045 - Fak. Kedokteran

Latar Belakang : Timbal (Pb) merupakan hasil samping dari pembakaran kendaraan bermotor berasal dari senyawa yang dicampurkan ke dalam bahan bakar guna meningkatkan nilai oktan. Masuknya timbal ke dalam tubuh dengan terhirup oleh manusia dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan berakibat pada tekanan darah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan timbal (Pb) dalam darah yang berakibat pada hipertensi pada pedagang Pasar Buku Belakang Sriwedari..
 
Metode :Penelitian ini merupakan penelitian Observasional Analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan sampel penelitian 36 pedagang wanita di pasar buku belakang Sriwedari. Teknik Sampling yang digunakanadalah Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur kadar Timbal (Pb) dalam darah menggunakan Atomic Absorbtion Spectofotometri (AAS)  dan mengukur tekanan darah menggunakan spygmomanometer. Analisis yang digunakan adalah uji korelasi Pearson untuk menguji hubungan antara kadar timbal dalam darah dengan tekanan darah.
 
Hasil :Hasil uji statistic mengenai hubungan kadar timbal dalam darah dengan tekanan darah pada pedagang pasar buku belakang Sriwedari, Surakarta memperoleh r = 0,422 dan nilai signifikan yaitu p = 0,01.
 
Simpulan :Terdapat hubungan yang signifikan antara kadar timbal dalam darah dan tekanan darah dengan arah korelasi positif.