Abstrak


Penerapan Pembelajaran Eksperimen Lay Up Shoot Bola Basket Menggunakan Modifikasi Alat Bantu pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Slawi Tahun 2019


Oleh :
Muhammad Dhohhak Dumairi - K5615043 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan  kemampuan lay up setelah dilakukannya penerapan pembelajaran eksperimen lay up shoot bola basket menggunakan modifikasi alat bantu pada siswa putra ekstrakulikuler bola basket SMA Negeri 1 Slawi tahun 2019.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre-experimental design dengan teknik pengumpulan data One-Group Pretest- Posstes Design, Penelitian eksperimen ini yaitu diawali dengan kegiatan memberikan tes awal terlebih dahulu, kemudian diberikan perlakuan kepada subjek yang diakhiri dengan suatu bentuk tes guna mengetahui pengaruh  perlakuan  yang  telah  diberikan. Analisis data menggunakan uji reabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa eskstrakulikuler bola basket SMA Negeri 1 Slawi tahun 2019. Dari populasi diambil sample seluruh anggota siswa putra ekstrakulikuler bola basket SMA Negeri 1 Slawi tahun 2019 sebanyak 20 orang yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian.
 Hasil analisis menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil lay up shoot. Ditunjukan dengan nilai signifikansi p sebesar 0.000 < 0>Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa : Ada peningkatan lay up shoot pada siswa putra ekstrakulikuler bola basket SMA Negeri 1 Slawi tahun 2019.

Kata Kunci : Pembelajaran, lay up shoot, modifikasi alat bantu