Abstrak


Pengembangan Model Latihan Pola Penyerangan Bola Basket pada Siswi Extrakulikuler MAN 1 Grobogan


Oleh :
Nur Hidayat - K5615057 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis adanya kebutuhan pengembangan model latihan pola penyerangan triangle dan 4out1in menggunakan alat bantu rompi dalam bola basket dan mengembangkan produk berupa model latihan pola penyerangan pada permainan bola basket  terkhusus pada siswi extrakulikuler MAN 1 Grobogan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi extrakulikuler bola basket MAN 1 Grobogan. Sampel yang terpilih adalah 10 orang untuk uji coba skala kecil, dan 20 orang untuk uji coba skala besar dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode RND (Research and Developtment), atau dalam bahasa Indonesia Penelitian dan Pengembangan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk mendapatkan informasi pendapat dari subjek mengenai model latihan yang dikembangkan. Angket yang digunakan berupa angket campuran untuk Ahli Bola Basket, dan angket tertutup untuk subjek. Analisis data menggunakan persentase dari masing-masing pendapat subjek, kemudian diinterpretasikan sesuai dengan klasifikasi hasil analisis data.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, pada tahap uji coba skala kecil hasil evaluasi ahli menunjukkan persentase 78,57?ri ahli akademisi bola basket, dan 85,31?ri ahli praktisi bola basket. Sementara dari subjek didapatkan presentase sebesar 85,76%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya dengan hasil evaluasi berupa saran dari ahli bola basket. Kedua, pada tahap uji coba skala besar hasil evaluasi ahli menunjukkan persentase 80,15?ri ahli akademisi bola basket, dan 90,15?ri ahli praktisi bola basket. Sementara dari subjek didapatkan presentase sebesar 97%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan yang berupa model latihan pola penyerangan pada permainan bola basket tersebut bisa digunakan. Ketiga, hasil akhir dari produk penelitian ini berupa 16 (enam belas) model latihan pola penyerangan setelah melalui evaluasi dan menimbang saran-saran dari ahli bola basket.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat 16 model penyerangan  bola basket yang terdiri dari 8 4out1in dan 8  triangle yang sudah melalui tahap uji coba dan evaluasi ahli tersebut bisa di gunakan untuk referensi latihan pola penyerangan bola  basket.  Penelitian ini dapat menemukan adanya kebutuhan pengembangan model latihan pola penyerangan triangle dan 4out1in  menggunakan alat bantu rompi dalam bola basket. Dengan begitu sampel mudah dalam menerima dan memahami pola penyerangan bola basket, khususnya pola 4out1in dan triangle.

Kata Kunci : pola penyerangan bola basket, model latihan 4out1in dan triangle, alat bantu rompi