Abstrak


Kontribusi Koodinasi Mata Tangan, Panjang Lengan dan Keseimbangan terhadap Kemampuan Shooting Petanque pada Mahasiswa Pembinaan Prestasi Petanque Tahun 2019


Oleh :
Izza Fajri Zaidurrahman - K5615035 - Fak. Keolahragaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis adanya kontribusi untuk koordinasi mata tangan, panjang lengan dan keseimbangan terhadap kemampuan shooting petanque pada mahasiswa pembinaan prestasi petanque Universitas Sebelas Maret Tahun 2019.
Populasi dan sampel dalam penelitisn ini adalah mahasiswa pembinaan prestasi petanque Universitas Sebelas Maret berjumlah 29 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan pengukuran koordinasi mata-tangan, panjang lengan, keseimbangan dan shooting petanque. Analisis data menggunakan analisis statisic dengan studi korelasi menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dengan kemampuan shooting petanque diperoleh korelasi sebesar 0,857 dan nilai p (sig) sebesar 0.003<0>? = 0.05. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan shooting petanque diperoleh korelasi sebesar 0,948 dan nilai p (sig) sebesar 0.000<0>Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Ada kontribusi koordinasi mata-tangan terhadap kemampuan shooting petanque pada mahasiswa pembinaan prestasi petanque UNS. (2) Tidak terdapat kontribusi pada panjang lengan terhadap kemampuan shooting petanque pada mahasiswa pembinaan prestasi petanque UNS. (3) Ada kontribusi keseimbangan terhadap kemampuan shooting petanque pada mahasiswa pembinaan prestasi petanque UNS. (4) Ada kontribusi koordinasi mata tangan dan keseimbangan terhadap kemampuan shooting petanque pada mahasiswa pembinaan prestasi petanque UNS.

Kata Kunci : koordinasi mata-tangan, panjang lengan, keseimbangan dan shooting petanque