Abstrak


Evaluasi Kinerja Untuk Program Perencanaan Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2014-2016


Oleh :
Klarinta Ianitama - F3314061 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah mengevaluasi kinerja program perencanaan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Karanganyar untuk tahun 2014-2016. Kedua, penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab perbedaan anggaran pada Bappeda Kabupaten Karanganyar. Langkah pertama penelitian ini adalah dengan mengukur kinerja yaitu dengan menghitung persentase anggaran beserta realisasi yang disesuaikan tabel skala nilai penilaian kinerja.. Langkah yang kedua adalah dengan melihat Laporan Realisasi Anggaran kemudian melakukan wawancara kepada pihak Bappeda.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi ke pihak yang terkait. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menghitung anggaran serta realisasi sesuai pada skala nilai penilaian kinerja.
Hasil penelitian yang dilakukan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karanganyar menunjukkan kinerja yang baik terutama di tahun 2016. Hal ini dibuktikan dengan persentase kinerja yang meningkat sehingga menunjukkan bahwa kinerja pada Bappeda semakin membaik. Mengenai apa yang menjadi penyebab perbedaan anggaran, bahwa kebutuhan menjadi alasan utama terkait perbedaan anggaran yang diterima.
Kata kunci: BAPPEDA, planning program, evaluation, performances

Abstract
The research aims to evaluate the budget performances of BAPPEDA (Regional Development Planning Board) in Karanganyar regency for the year of 2014-2016. Moreover, it also to know the cause of the budget differences on the institution. The first step is, measure the performance by calculating the percentage of the budget and the realization which is based on the performance assessment scale scores table. The second step is, review the budget realization report then conduct an interview with BAPPEDA party.
The data for the research is collected by conducting an interview and observation towards related party. Quantitative method is used to calculate the budget and realization based on the performance assessment scale scores.
The research results that BAPPEDA in Karanganyar regency has a good performance in the year of 2016. It is proved by the increased of performance’s percentage, thus shows that the performance in BAPPEDA is improved. Regarding the cause of the budget differences, needs are the major reason related with the accepted budget difference.
Kata kunci: BAPPEDA, planning program, evaluation, performances