Abstrak


Gambaran pengetahuan penggunaan obat antihipertensi dan perilaku pasien hipertensi di Puskesmas Jaten I


Oleh :
Rosa Puspita Rizky Wulandini - M3514047 - Fak. MIPA

ABSTRAK

Hipertensi adalah keadaan peningkatan tekanan darah yang akan berlanjut ke suatu organ target dan menyebabkan angka kematian yang tinggi. Hipertensi menduduki peringkat ke-10 dari 10 besar penyakit di Puskesmas Jaten I. Pengetahuan penggunaan obat dan perilaku pasien hipertensi merupakan hal yang penting dan berhubungan langsung dengan pencapaian derajat kesehatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan penggunaan obat antihipertensi dan perilaku pasien hipertensi di Puskesmas Jaten I.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara semi terstruktur kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan resep yang diterima, depkes RI tahun 2008, BPOM tahun 2015, dan teori relevan lain.

Hasil penelitian menunjukkan dari 43 responden, sebanyak 79% mengetahui nama obat, 84% mengetahui dosis obat, 100% mengetahui waktu penggunaan obat, 91% mengetahui cara pemakaian obat, 95% mengetahui cara penyimpanan obat, 51% mengetahui ciri-ciri obat rusak, 19% mengetahui cara pembuangan obat, 54% mengetahui akibat menghentikan penggunaan obat, sedangkan perilaku responden sebanyak 81% mengetahui tindakan apabila lupa mengkonsumsi obat, 81% melakukan pemeriksaan kembali ke puskesmas, 72% tidak pernah menghentikan penggunaan obat, dan 53% mengetahui tindakan lain untuk mengontrol tekanan darah.

Kata Kunci: pengetahuan, penggunaan obat, perilaku, hipertensi