Abstrak


Pengembangan buku ajar membaca bahasa inggris untuk madrasah aliyah dengan perspektif sosiokognitif: riset berbasis desain


Oleh :
Lanjar Utami - T811508005 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji keberadaan dan kualitas buku ajar membaca bahasa Inggris yang digunakan di Madrasah Aliyah (MA) Solo Raya selama ini, (2) melakukan analisis kebutuhan guru dan siswa akan buku ajar membaca bahasa Inggris dengan perspektif sosiokognitif, (3) mengembangkan buku ajar membaca bahasa Inggris dengan perspektif sosiokognitif, (4) mengkaji kelayakan buku ajar membaca yang dikembangkan, dan (5) menguji keefektifan buku ajar membaca tersebut.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam disertasi ini adalah design- based research  (DBR) melalui lima tahapan, yaitu analisis permasalahan praktis, pengembangan buku ajar, uji kelayakan, uji keefektifan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di 10 MA Solo Raya, tahun 2017-2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi refleksi tertulis terbimbing,   wawancara mendalam, pengamatan kelas, analisis dokumen, dan tes. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, member check, dan peer debriefing. Teknik analisis data yang digunakan adalah constant comparative method dan t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) buku ajar bahasa Inggris yang digunakan siswa MA Solo Raya selama ini belum mampu memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kompetensi membaca; (2) para guru bahasa Inggris membutuhkan buku ajar membaca yang mampu memandu guru untuk mengajar membaca dan memfasilitasi siswa memahami bacaan dengan mudah; (3) buku ajar yang peneliti kembangkan berupa buku ajar membaca bahasa Inggris berbasis sosiokognitif dengan menerapkan konsep mediated learning, ZPD, cognitive apprenticeship, dan scaffolding; (4) buku ajar membaca berbasis sosiokognitif layak  digunakan  untuk  memfasilitasi  siswa  MA  Solo  Raya  dalam mengembangkan kompetensi membaca dengan baik; dan (5) buku ajar membaca dengan perpsektif sosiokognitif efektif untuk meningkatkan kompetensi membaca siswa MA Solo Raya.

Kata Kunci: buku ajar, membaca pemahamanan, perspektif sosiokognitif, DBR.