Abstrak


Evaluasi sistem pembelian bahan medis habis pakai di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun


Oleh :
Fadli Hilman - F3314049 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif. Observasional deskriptif adalah penelitian yang melihat langsung ke tempat penelitian mengenai kasus yang diambil dan didiskripsikan. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sistem pembelian bahan medis habis pakai dan melihat kelebihan dan kelemahan dari sistem yang digunakan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa sistem pembelian bahan medis habis pakai yang digunakan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun sudah cukup baik. Hal  ini  dibuktikan  dengan  adanya  sistem  pengendalian  internal  yang  baik, dokumen yang bernomor dan telah dibuat rangkap. Dan catatan akuntansi yang sudah cukup lengkap namun sistem pembelian bahan medis habis pakai di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun juga memiliki kelemahan yaitu tidak adanya bagian penerimaan barang. Atas kelemahan yang ada maka penulis memberikan rekomendasi atau saran yaitu sebaiknya Rumah Sakit Umum daerah Kota Madiun menambahkan bagian penerimaan barang didalam struktur organisasinya agar terdapat pemisahan tugas antara bagian farmasi dan bagian yang menerima barang setelah barang tersebut datang dari rekanan atau distributor.


Kata kunci : evaluasi , bahan medis habis pakai