Abstrak


Peningkatan Pembelajaran IPS tentang Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia melalui Model Discovery Learning pada Siswa kelas V di SD Negeri 2 Kalijirek tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Debby Kirana Putri - K7115040 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan  model  Discovery  Learning,  (2)  meningkatkan  pembelajaran  IPS tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi melalui model Discovery Learning, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD negeri 2 Kalijirek.

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kalijirek tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 16 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran  IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model  Discovery Learning  untuk  meningkatkan    pembelajaran    IPS  tentang  jenis  usaha  dan kegiatan ekonomi dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) stimulation, (b) problem statement, (c) data collection, (d) data processing, (e) verification, (f) generalization; (2) penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan pembelajaran  IPS tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalijirek Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I 72,37%, siklus II 81,50%, dan  siklus III 94,00%. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I adalah 67,62%, siklus II 80,75?n siklus III 91,50%. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I 71,88, siklus II 84,50%, dan siklus III 93,75%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) masih sedikit siswa yang berani bertanya, (b) siswa kurang aktif dalam memberi tanggapan hasil diskusi; adapun solusi yang diberikan peneliti adalah (a) guru merangsang   siswa   untuk   bertanya   dengan   cara   memberikan   pertanyaan- pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi pembelajaran, (b) memberi penghargaan pada siswa yang memberi tanggapan.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kalijirek tahun ajaran 2018/2019.\

 

Kata Kunci: discovery learning, IPS, jenis usaha, kegiatan ekonomi