Abstrak


Analisis penilaian karakter nasabah pada prinsip 5 C dalam pembiayaan IB kepemilikan rumah di bank Syariah Bukopin kantor cabang Surakarta


Oleh :
Desi Indah Widiastuti - F3616014 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menilai karakter nasabah dalam pembiayaan iB Kepemilikan Rumah dengan prinsip 5C dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh mengenali karakter nasabah untuk meminimalisir resiko pembiayaan yang diterapkan pada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta. Karakter nasabah berkaitan dengan kepribadian nasabah untuk memenuhi kewajiban – kewajibannya, sehingga nasabah yang memiliki karakter yang baik akan berdampak positif terhadap kualitas Bank Syariah Bukopin Surakarta, sebaliknya apabila ada nasabah yang memiliki karakter buruk akan berdampak negatif pada kualitas bank, sehingga pelu adanya strategi dalam menganalisis karakter nasabah untuk meminimalisir resiko pembiayaan dikemudian hari.
     Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif yaitu menganalisa dan menyajikan data fakta secara sistematik sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara langsung pada Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Surakarta.
      Kesimpulan dari Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara petugas bank dalam menilai karakter nasabah yang akan melakukan pembiayaan serta untuk mengetahui apabila dalam menganalisis karakter nasabah tersebut bermasalah dapat berdampak pada kegiatan operasional.
Kata kunci : Penilaian karakter, pengaruh penilaian karakter untuk meminimalisir resiko