Abstrak


Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Benda dan Sifatnya pada Siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Diklata Permata Wardhani - K7115048 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya dan (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019 dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) orientasi, (b) merumuskan  masalah,  (c) mengajukan hipotesis, (d) mengumpulkan data, (e) menguji  hipotesis, dan (f) merumuskan kesimpulan; (2) model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 73,91% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 78,26% pada pertemuan 2; siklus II pertemuan 1 persentase ketuntasan siswa mencapai 81,82?n meningkat menjadi 85,71% pada pertemuan 2; siklus III pertemuan 1 persentase ketuntasan sudah mencapai 100%
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, IPA, benda dan sifatnya