Abstrak


Strategi penghimpunan dan pengelolaan dana pihak ketiga pada PT. BPR Adipura Santosa Surakarta


Oleh :
Raficha Dian Alfiana Putri - F3616046 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

Strategi promosi penting dilakukan oleh bank dalam menarik minat masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank dalam bentuk tabungan dan deposito karena dana dari masyarakat dapat menambah modal bank untuk pemberian kredit, selain itu juga untuk menjaga kesehatan bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi penghimpunan dana di PT. BPR Adipura Santosa Surakarta, pengelolaan dana di PT. BPR Adipura Santosa Surakarta, hambatan yang dihadapi dalam proses penghimpunan dan pengelolaan dana pihak ketiga serta strategi yang dilakukan PT. BPR Adipura Santosa Surakarta dalam menarik minat masyarakat untuk menyimpan uangnya di bank dan pengelolaan dana yang dihimpun dari masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito.
    Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak PT. BPR Adipura Santosa Surakarta. Data sekunder diperoleh dari buku dan sumber lainnya. Hasil pengumpulan data tersebut disajikan dalam bentuk grafik.
    Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Pertumbuhan kinerja penghimpunan dana di PT. BPR Adipura Santosa Surakarta ditinjau sejak tahun 2017 hingga 2018 menunjukkan penurunan. Tetapi BPR terus berupaya melakukan pelayanan dan usaha yang maksimal untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, terutama dengan melakukan promosi. (2) Hambatan dalam penghimpunan dana pihak ketiga yaitu masyarakat kurang tertarik untuk menabung dan mendepositokan uangnya, masyarakat kurang percaya untuk menyimpan uangnya di BPR, kurangnya tenaga pemasaran, persaingan antar BPR. (3) Pengelolaan dananya dialokasikan untuk beberapa aktiva, antara lain : Cadangan Likuiditas, Kredit, Investasi serta Aktiva Tetap dan Inventaris. (4) Hambatan dalam pengelolaan dana yaitu debitur tidak beritikad baik, debitur mengalami masalah ekonomi, debitur tidak korporatif saat di survei, tidak lengkapnya dokumen debitur, lamanya proses pencairan kredit karena masalah internal maupun eksternal. (5) Strategi dalam penghimpunan dana antara lain : Periklanan, Promosi Penjualan, dan Publisitas. Strategi dalam pengelolaan dana antara lain : Melakukan analisa pengajuan kredit sebelum pencairan dana, Monitoring, dan Pemeriksaan Berkala.
Kata Kunci :    Penghimpunan Dana, Pengelolaan Dana, PT. BPR Adipura Santosa         Surakarta