Abstrak


Analisis Dinamik Riwayat Waktu Nonlinier Skew Bridge


Oleh :
Zainal Abidin - I0113139 - Fak. Teknik

ABSTRAK

 

Abidin, Zainal, 2018. Analisis Dinamik Riwayat Waktu Nonlinier Skew Bridge. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Skew  bridge  sering  diterapkan  dalam  perencanaan  jembatan  karena  adanya kendala seperti terbatasnya ruang atau kondisi rintangan. Para insinyur sering mendesain skew bridge di kota-kota besar karena kondisi ruangnya yang terbatas akibat tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Skew bridge juga harus memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa. Banyak peneliti menyimpulkan bahwa saat terjadi gempa besar, sebagian material struktur telah mengalami deformasi plastis sehingga menyebabkan struktur berperilaku nonlinier, dengan begitu analisis dinamik nonlinier dilakukan pada penelitian ini.


Metode penelitian diawali dengan membuat pemodelan 3 dimensi struktur jembatan skew bridge yang mengacu pada 2 bentang utama jembatan jalan tol Solo Kertosono sta 108+666 di kota Madiun. Langkah selanjutnya yaitu menganalisis pembebanan yang terdiri dari beban statis dan beban dinamis. Beban dinamis  menggunakan  beban  gempa  yang  dianalisis  dengan  metode  riwayat waktu berdasarkan 3 rekaman gempa yaitu gempa Park Field (USA, 1966), San Fernando (USA, 1971), dan Kobe (Jepang, 1995). Salah satu hasil analisis pada penelitian ini berupa respon histeretik pada pilar jembatan. Respon histeretik digunakan   untuk   menganalisis   respon   nonlinier   dengan   menghitung   nilai kekakuan dan menganalisis kondisi struktur pilar pada setiap siklus beban gempa. Beban gempa diperbesar 2 kali untuk membantu perhitungan analisis respon nonlinier.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua rekaman gempa menghasilkan respon displacement dengan drift ratio kurang dari 0,5%. Hasil analisis nonlinier menunjukkan bahwa respon struktur pada siklus ke-2 sampai akhir pembebanan sudah bersifat nonlinier. Penyebab utama terjadinya nonlinieritas respon struktur jembatan diakibatkan terjadinya cracking pada material beton.
Kata Kunci : Skew bridge, Respon spektra, Riwayat waktu, Respon nonlinier