Abstrak


Faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen membeli “Tahubaxo Ibu Pudji” (Pendekatan Theory Of Reasoned Action)


Oleh :
Intan Nuraini - H0813086 - Fak. Pertanian

ABSTRAK

Perkembangan agroindustri di Indonesia saat ini semakin menjadi perhatian pemerintah. Meninjau pada hal tersebut, sudah terdapat beberapa kota yang menjadi pusat industri dan beberapa agroindustri yang cukup berkembang di kota tertentu, salah satunya yang terbesar di wilayah Jawa Tengah adalah Ungaran. Pusat industri yang berkembang di Ungaran sangat beragam, termasuk produk kuliner. Wilayah Ungaran ternyata memiliki produk kuliner khas yang sering menjadi oleh-oleh favorit masyarakat yang berkunjung di daerah ini, yaitu tahu bakso. Salah satu produsen yang cukup terkenal di wilayah Ungaran dengan nama brandnya adalah “TahuBaxo Ibu Pudji”. Melihat kepopuleran brand tahu bakso ini, tentunya konsumen yang berkunjung pun juga tergolong ramai sehingga perlu dikaji bagaimana niat konsumen dalam membeli produk tahu bakso dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sebuah teori yaitu Theory of Reasoned Action  (TRA) mengusulkan bahwa niat suatu perilaku dipengaruhi oleh sikap dan norma-norma subyektif. Penelitian ini menggunakan teori ini dalam mengkaji niat pembelian konsumen membeli produk tahu bakso. Selain itu peneliti juga ingin mengkaji bagaimana faktor kepuasan konsumen dan kepercayaan terhadap produk dapat mempengaruhi konsumen tahu bakso berniat membeli produk tahu bakso di “TahuBaxo Ibu Pudji”.
Metode dasar penelitian ini adalah deskripsi analisis. Metode penentuan lokasi dilakukan dengan metode purposive sampling. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian yaitu pada usaha “TahuBaxo Ibu Pudji” Ungaran. Metode penentuan sampel dilakukan dengan judgement sampling. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakan ketentuan 20:1 untuk setiap jalur struktural. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM berbasis varian menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pengaruh variabel eksogen dapat dilihat dari nilai koefisien jalur, yaitu variabel sikap konsumen berpengaruh sebesar 0,316, variabel norma subyektif sebesar 0,222, variabel kepuasan konsumen sebesar 0,234 dan variabel kepercayaan terhadap produk sebesar 0,048. Nilai R-square sebesar 0,525 dan nilai Q-square sebesar 0,275. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan, diketahui bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian tahu bakso di “TahuBaxo Ibu Pudji” adalah variabel sikap konsumen, norma subyektif dan kepuasan konsumen, sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan adalah variabel kepercayaan terhadap produk.