Abstrak


Penanganan kredit konsumtif bermasalah untuk meningkatkan profitabilitas pada PT. BPR Adipura Santosa Surakarta


Oleh :
Karunia Putri Wijayanti - F3614060 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertjuan untuk : (1) mengetahui permasalahan kredit konsumtif pada PT. BPR Adipura Santosa Surakarta (2) mengetahui cara mengevaluasi pembayaran kredit konsumtif yang dilakukan PT. BPR Adipura Santosa Surakarta (3) mengetahui cara pengelolaan kredit konsumtif yang bermasalah pada PT. BPR Adipura Santosa Surakarta untuk meningkatkan profitabilitas.
Dalam penulisan tugas akhir ini penulis melakukan pengamatan secara langsung dan melakukan wawancara kepada beberapa karyawan yang bersangkutan sesuai dengan topik yang diangkat pada PT. BPR Adipura Santosa Surakarta penulis juga mencari referensi buku di perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) permasalahan pemberian kredit konsumtif disebabkan faktor internal dan faktor eksternal (2) eveluasi kredit konsumtif dilakukan dengan melihat rekening koran nasabah dan terjun langsung ke lokasi debitur setiap 6 bulan sekali (3) cara menangani kredit konsumtif bermasalah dengan melakukan pendekatan persuasif, melakukan restrukturisasi, 3 surat peringatan dan eksekusi jaminan.


Kata Kunci : Kredit Konsumtif, Kredit Bermasalah, Penanganan Kredit, BPR